Rabu, 26 Maret 2008

Situs Ecommerce

pada situs bhinneka.com kita langsung dapat melihat bahwa situs tersebut adalah sebuah toko elektronik online. Pengemasan tampilan yang menarik cukup membuat pengunjung situs ini yakin bahwa situs tersebut adalah sebuah situs yang memiliki kredibilitas tinggi. Namun untuk segi produk yang ditawarkan masih terbatas pada produk elektronik saja, khususnya yang berhubungan dengan komputer dan sejenisnya. Serupa dengan situs tersebut, fastncheap.com mempunyai tampilan yang hampir sama dengan bhinneka.com. Namun terdapat beberapa perbedaan yang dapat dilihat di antara kedua situs tersebut. Pada fastncheap.com dapat dilihat bahwa situs tersebut lebih memberikan kepuasan pada pelanggan dengan memberikan ruang untuk berkomentar ataupun menanyakan informasi. Namun kelemahan pada fastncheap.com terdapat pada harga produk yang tidak update. Contohnya ketika saya melihat harga handphone merek LG shine KE770 terdapat perbedaan yang cukup besar dengan harga yang ada di pasaran. Hal tersebut dapat membuat konsumen yang mengunjungi situs ini mengurungkan niatnya untuk berbelanja secara online.
Pada amazon.com, terlihat dengan jelas bahwa situs ini telah dikelola secara profesional dimana produk-produk yang ditawarkan sangat lengkap dengan berbagai pilihan kategori produk. Konsumen mendapat panduan secara jelas untuk memilih produk yang dicarinya. tampilan dari situs ini juga dikemas cukup menarik dengan desain simple, sehingga tidak mengganggu kenyamanan konsumen dalam mem-browsing situs ini.
Pada situs ebay.com, sedikit berbeda dengan situs e-commerce lainnya, dimana situs ini menggunakan sistem lelang. Konsumen diberi keleluasaan untuk menawar barang yang diinginkan. konsumen juga diberi kemudahan untuk mencari barang yang diinginkan dengan memberikan list harga yang diinginkan konsumen tersebut. situs ini juga menyediakan layanan pilihan bahasa untuk mengakses situs tersebut, hal ini memudahkan konsumen dari berbagai negara untuk mendapatkan informasi lebih jelas.
Pada situs bn.com, terlihat jelas bahwa produk utama yang ditawarkan adalah buku ataupun literatur. Namun ditawarkan juga berbagai pilihan produk lainnya meskipun tidak selengkap pada situs amazon.com. untuk segi tampilan situs ini cukup menarik, selain itu situs ini juga memberikan informasi tentang bagaimana cara pengiriman barang beserta pembiayaannya, dan juga terdapat customer service dan berbagai informasi lainnya tentang perusahaan tersebut, sehingga konsumen dapat mengetahui secara jelas bahwa situs tersebut telah dikelola secara profesional.

Tidak ada komentar: